Wednesday, 27 April 2016

Membawakan Acara dengan Bahasa yang Baik dan Benar, serta Santun

 
 Pengertian :
Membawakan acara adalah menyampaikan susunan acara kepada peserta atau hadirin yang mengikuti acara. Dalam membawakan acara, kita harus dapat menyesuaikan sikap kita terhadap acara yang sedang dijalani. Artinya, kita dapat membedakan sikap saat membawakan acara yang sifatnya gembira, sedih, dan khidmat.



Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membawakan acara:

      A.   Menyampaikan salam pembuka.

      B.   Menyapa hadirin.

      C.   Mengajak hadirin memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha  Esa.

      D.   Memohon perkenan kepada hadirin untuk membacakan susunan acara.

      E.    Membawakan acara demi acara dengan bahasa yang baik, benar, serta memperhatikan santun    berbahasa.

      F.    Menyampaikan ucapan terima kasih kepada hadirin atas perhatian yang diberikan, serta permohonan maaf kepada hadirin atas segala kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membawakan acara.

      G.   Menutup acara dengan menyampaikan salam penutup.





Contoh bentuk membawakan acara tersebut adalah berikut.

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera bagi kita Semua. Syaloom



Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara yang kami hormati, Ibu bupati Minahasa Selatan beserta seluruh tamu undangan yang saya muliakan, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas segala kebaikan yang penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sulawesi Utara.

Sebelum menginjak acara yang pertama, perkenankan kami, menyampaikan rangkaian acara penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sulawesi Utara.

Acara yang pertama adalah pembukaan, kemudian dilanjutkan sambutan ketua panitia dan sambutan Bupati Minahasa Selatan. Selanjutnya adalah acara inti, yaitu penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara. Acara keempat, yaitu kesan dan pesan dari sang Guru Teladan. Acara kelima, yaitu lain-lain. Di pengujung acara akan kita tutup dengan doa bersama.



(Selanjutnya, penyampaian acara dapat diperinci sebagai berikut.)

1. Untuk mengawali acara kita kali ini, marilah acara ini kita buka dengan doa bersama. Berdasarkan keyakinan kita masing-masing, berdoa mulai.


2. Acara selanjutnya adalah sambutan. Sambutan yang pertama yaitu dari ketua panitia, yang akan disampaikan oleh Bapak ......................... Kepada Bapak ........ kami persilakan.
(setelah sambutan selesai) Terima kasih kepada Bapak ......., dan sambutan yang kedua, yaitu oleh Ibu Bupati Minahasa Selatan. Kepada Ibu kami persilakan.



3. Hadirin yang terhormat, kini tibalah saatnya kita pada acara inti, yaitu telah Tuhan anugerahkan kepada kita bersama, kita dapat berkumpul di sini. Pada kesempatan ini, kami atas nama panitia dan keluarga besar SMP Negeri 1 Tompasobaru mengucapkan terima kasih setulusnya atas kehadiran Bapak, Ibu, dan hadirin semuanya di Aula SMP Negeri 1 Tompasobaru, dalam rangka penyerahan penghargaan guru teladan Provinsi Sulawesi Utara. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara, kepada Bapak Nurmansah Rivay, S.Pd, Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Tompasobaru. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari sang guru teladan. Kepada beliau Bapak Kepala Dinas dan Bapak Bahri Nurmansah kami persilakan.

                                                         

4. Demikian tadi acara penyerahan penghargaan serta kesan dan pesan yang disampaikan oleh guru teladan Provinsi Sulawesi Utara tahun ini, Bapak Nurmansah Rivay, S.Pd. Hadiran yang terhormat, menginjak acara kita selanjutnya, yaitu lain-lain. Pada acara ini kita akan beristirahat sejenak untuk menyaksikan penampilan grup band “Motivasi” SMP Negeri 1 Tompasobaru. Kepada grup band “Motivasi” dan panitia yang bertugas kami persilakan.



5. Hadirin sekalian, tibalah saatnya kita sampai pada pengujung acara ini, yaitu penutup. Sebelum acara ini kita tutup, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin yang berkenan mengikuti acara ini. Kami atas nama panitia mohon maaf atas segala kekurangan berkaitan dengan pelaksanaan acara ini. Akhir kata, marilah acara ini kita tutup dengan doa bersama. Hadirin yang terhormat, berdoa dimulai. (setelah doa selesai) Sekian dari kami,



Wassalamualaikum, Wr. Wb, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Syaloom



          Membacakan acara harus dilakukan dengan baik. Terkadang, sebuah kesuksesan acara ditentukan oleh seorang pembawa acara. Maka itu, dalam membawakan sebuah acara perlu memerhatikan beberapa hal. Adapun hal yang perlu kita perhatikan dalam membawakan sebuah acara antara lain berikut.

1. Penggunaan bahasa yang santun dan komunikatif.

2. Mengucapkan salam, ucapan terima kasih, serta sapaan

dengan tepat.

3. Menyampaikan acara sesuai urutan acara dengan benar.

4. Menumbuhkan kesan berkomunikasi dengan hadirin atau

peserta.

5. Menerapkan intonasi dan artikulasi yang tepat.

Dengan memerhatikan beberapa hal di atas, kalian tentu akan dapat membawakan acara dengan baik.






Amati contoh susunan acara dan kalimat-kalimat yang dibawakan pembawa acara berikut! Perhatikan cara menyapa, membuka acara, mempersilakan, menghubungkan antaracara, mengulas/mengomentari acara, dan menutup acara!1



Assalamualaikum wr. wb.! Salam Sejahtera bagi kita semua, Syaloom



Bapak Kepala Sekolah yang terhormat,

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati,

Para undangan yang saya hormati, dan siswa-siswa SMP Negeri 1 Tompasobaru yang saya cintai



Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Hanya dengan rahmat-Nya semata, pada hari ini kita dapat melaksanakan acara pelepasan siswa-siswa kelas III SMP Negeri 1 Tompasobaru Tahun 2015. Marilah kita awali acara ini dengan doa agar apa yang kita lakukan hari ini dapat membawa kebaikan bagi kita semua. Berdoa mulai ….



PENGANTAR UNTUK SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Hadirin yang berbahagia …..

Kita ikuti acara kita yang pertama yaitu sambutan Kepala Sekolah SMP N 1 Tompasobaru. Yang terhormat Ibu VERA R. KAPARANG, S.Pd, M.M. saya persilakan....



PENGANTAR UNTUK SAMBUTAN WAKIL WALI MURID

Demikianlah sambutan kepala sekolah yang berintikan sebuah harapan agar siswa-siswa kelas IX berhati-hati dalam menapaki jenjang yang lebih tinggi. Selanjutnya, marilah kita dengarkan harapan orangtua yang akan diwakili oleh Ibu ........................... Saya persilakan!



PENGANTAR UNTUK SAMBUTAN WAKIL SISWA KELAS III

Dua bentuk harapan telah kita dengarkan. Sekarang tiba saatnya kita dengarkan sambutan wakil dari kelas IX yang akan diwakili oleh ................................ Saya persilakan!



PENGANTAR UNTUK PENERIMAAN HADIAH

Hadirin yang saya muliakan,

Dalam menempuh ujian akhir tahun ini, siswa SMP N 1 Tompasobaru telah mengukir prestasi akademik yang gemilang. Nilai tertinggi tahun ini dicapai oleh teman kita ......... dari kelas IXa. Juara 2 dicapai oleh ..... kelas VIIId, dan juara 3 dicapai oleh ............ dari kelas IXe. Saya persilakan ketiganya naik ke atas pentas untuk menerima penghargaan. Untuk menyerahkan penghargaan, saya persilakan Kepala Sekolah SMP N 1 Tompasobaru menuju ke atas pentas. ..................................................................

........

Terima kasih, Bapak Kepala Sekolah dan para pemenang dipersilakan duduk kembali.



PENGANTAR UNTUK HIBURAN

Beberapa acara telah kita lalui bersama. Sekarang tibalah kita pada acara yang kita nantikan, yakni Acara HIBURAAAAAAAN! Siswa-siswi SMPN 1 Surabaya akan menunjukkan kreasi terbaiknya. Sebagai pembuka, kita sambut tari YAPONG yang akan dibawakan dara-dara cantik dari kelas VIIa. TEPUK TANGAN YANG MERIAH untuk mereka.

……………………………..

Demikianlah penampilan menarik dari kelas VIIa. Selanjutnya, kelas VIIb tak mau kalah. Gadis manis yang telah menyabet berbagai penghargaan lomba menyanyi ini akan memperdengarkan suara emasnya. Hadirin, tepuk tangan untuk ...............................!

…………………………………………………………………………………

Luuuuaaaar biasaa …..! Tepuk tangan sekali lagi untuk ................... Hadirin …., sungguh hari ini hari yang sangat bermakna bagi kelas IX. Semua ingin mempersembahkan yang terbaik untuk mereka. Untuk melengkapi suasana yang cukup hangat ini, saya yakin Anda setuju kalau kita goyang panggung ini dengan tari poco-poco yang akan dibawakan oleh kelompok penari dari kelas VIIc. Kita sambut mereka dengan tepuk tangan yang meriah!



PENGANTAR UNTUK PENUTUP

Tak terasa tiga jam telah kita lewati bersama. Berbagai rangkaian acara telah kita nikmati. Tibalah saatnya kita akan mengakhiri acara ini. Mudah-mudahan acara hari ini memberi kesan mendalam bagi kita semua. Sebagai pembawa acara saya mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Jayalah terus siswa SMPN 1 Tompasobaru! Terus maju meraih cita di ujung sana!

Demikianlah sedikit yang saya kethui tentang Membawakan Acara dengan Bahasa yang Baik dan Benar, serta Santun. Semoga dapat bermanfaat !

Jangan lupa subscribe, atau tingggal kan komentar nya !


No comments: