Cerita Inspiratif (Ajahn Brahm)

Anda tidak mengendalikan hidup ini.Ketika anda menyadari ini, anda berhenti mengeluh. Saya belajar sejak lama untuk tidak mengeluh, melainkan melihat masalah dengan cara lain. Anda selalu bisa memiliki sikap positif terhadap apa pun yang harus anda lakukan. Bahkan saya ingat ajahn chah menceritakan kisah seorang yang suatu hari berjalan dalam hutan dan melihat sebuah lubang besar.

Di dasar lubang itu ada harta karun senilai jutaan. Ia mencondongkan badannya dan menjulurkan tangannya, tapi masih saja ia tak mampu menjangkau harta itu. Lalu ia mengeluh, Lubangnya terlalu dalam, lubangnya terlalu dalam..."

Orang lain datang kesana dan bertanya, "ada apa?" Orang pertama menjawab, "Lihat, ada harta karun di bawah sana, tapi saya tak bisa menjangkaunya. Lubangnya terlalu dalam." lalu orang kedua berkata kepada orang yang bodoh ini, "Minggir, akan saya tunjukkan padamu apa masalahnya. " Ia mengambil sebatang galah. "Masalahnya bukan lubangnya yang terlalu dalam, tapi tanganmu yang terlalu pendek!" Ia menjulurkan galah ditangannya, mengambil harta karun itu, dan pergi.

Pesan moral cerita itu adalah: ketika anda mengeluh "lubangnya terlalu dalam", sering kali kita tidak melakukan apapun utuk memperbaikinya. kita hanya bersikap negatif.

Faktanya, lubang itu tidak pernah dalam, tangan kitalah yang terlalu pendek. Anda selalu bisa mengulurkan lengan dengan bantuan galah. Alih-alih mengeluh, kita selalu bisa melakukan sesuatu mengenainya. 
Lebih baik menyalakan lilin ketimbang mengeluhkan kegelapan.
Dikutip dari: Si Cacing dan Kotorannya 3! Hal 195-196, Ajhn Brahm, penerbit Awareness Publication. Demi kepentingan pendidikan

Ajahn Brahmavamso yang dikenal sebagai Ajhn Brahm, dilahirkan dengan nama Peter Betts di London, 7 Agustus 1951. Ia berasal dari keluarga buruh. Mendapatkan beasiswa untuk belajar Fisika Teori di Cambridge University pada tahun 1960-an akhir. Setelah itu ia megajar di SMU selama satu tahun sebelum pergi ke Thailand untuk menjadi biksu. 

Kisah ini sangat singkat, ringan namun mengandung makna yang sangat dalam khususnya buat orang-orang yang suka mengeluh seperti saya hehe. Suatu masalah, jika kita melihat dengan positif maka sebenarnya itu bukan masalah. Ajahn Brahm mengajarkan kita bahwa setiap permasalahan yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya. Kadang kita saja yang tidak mau menggunakan kelebihan kita sebagai manusia yang sudah diberikan Sang Pencipta. 
Allah tidak memberikan cobaan melebihi kapasitas makhluknya.

Semoga kisah di atas dapat menginspirasi.

Post a Comment for "Cerita Inspiratif (Ajahn Brahm)"