RPP K13 Bahasa Indonesia Kelas VII BAB 2 Teks Cerita Fantasi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (2.1)
Sekolah
|
SMP NEGERI 1 TOMPASOBARU
|
Mata pelajaran
|
BAHASA INDONESIA
|
Kelas/Semester
|
VII/1
|
Alokasi Waktu
|
6 JP
|
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.3
Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi)yang dibaca dan
didengar.
Indikator
- menjelaskan
ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan
buktinya pada teks yang dibaca/didengar.
- menentukan
jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
4.3
Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi)yang didengar dan dibaca.
Indikator
- Menyimpulkan
tokoh dan latar cerita fantasi.
- Menyimpulkan
urutan cerita fantasi.
- Menceritakan kembali cerita fantasi isi cerita fantasi lisan/ tulis.
C. Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran
Reguler
Pengetahuan
- Pengertian
cerita fantasi.
- Jenis
cerita fantasi.
- Tujuan
komunikasi cerita fantasi.
- Pola
pengembangan isi pada cerita fantasi.
- Karakteristik
kata/ kalimat pada cerita fantasi.
Keterampilan
- Praktik
memahami isi cerita fantasi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan,
apa saja informasi rincian.
- Praktik
menentukan pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita).
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
- Pengertian
cerita fantasi.
- Jenis
cerita fantasi.
- Tujuan
komunikasi cerita fantasi.
- Pola
pengembangan isi pada cerita fantasi.
- Karakteristik
kata/ kalimat pada cerita fantasi.
Keterampilan
- Praktik
memahami isi cerita fantasi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan,
apa saja informasi rincian.
- Praktik
menentukan pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita).
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
- Pengertian
cerita fantasi.
- Jenis
cerita fantasi.
- Tujuan
komunikasi cerita fantasi.
- Pola
pengembangan isi pada cerita fantasi.
- Karakteristik
kata/ kalimat pada cerita fantasi.
Keterampilan
- Praktik
memahami isi cerita fantasi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan,
apa saja informasi rincian.
- Praktik
menentukan pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita).
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung
jawab, toleran dan kerja sama, proaktif, dan kreatif.
C. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
- Mengucapkan
salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan mengabsen
siswa.
- Guru
bertanya-jawab tentang bentuk cerita fantasi dalam kehidupan
sehari-hari.Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya cerita fantasi
dalam komunikasi nyata (novel, cerpen yang berasal dari fantasi penulis_
Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis dan untuk
berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai
jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis
teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
- Dibuka
dengan contoh cerita fantasi yang ada baik berupa novel maupun cerpen.
Bertanya jawab tentang kata kunci pada novel/ cerpen sehingga disebut
cerita fantasi
- Mengungkapkan
kompetensi dasar dan indikator yang kan dicapai.
- Membangun
konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2.
2. Kegiatan Inti
Bagian A dan B:
dekonstruksi
Pertemuan Pertama (3 JP)
- Membaca/
mendengarkan contoh judul cerita fantasi.
- Mempertanyakan
- Apa
itu cerita fantasi, apa cirinya, dan apa bedanya dengan cerita yang lain
- Menggali
informasi
- Membaca
berbagai contoh novel terkenal yang merupakan cerita fantasi
- Menalar
- Berdiskusi
tentang ciri tokoh, seting, alur, dan tema cerita fantasi
- Bermain
untuk menyimpulkan ciri umum fantasi dari segi isi dan aspek kesastraannya
(alur, tokoh, latar, amanat, dll)
Pertemuan kedua (3 JP)
- Membaca/
mendengarkan beragam contoh judul cerita fantasi.
- Membuat
pertanyaan untuk menebak isi cerita.
- Menggali
informasi.
- Meringkas
urutan peristiwa dalam cerita.
- Mengomunikasikan.
- Menceritakan
secara berantai.
- Saling
menilai hasil penceritaan.
3. Penutup
- Siswa
bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
- Siswa
bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan
pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
- Siswa
menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
- Mewajibkan
siswa siswa untuk membaca buku fiksi (cerita fantasi) minimal satu buah.
Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca.
- Siswa
menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Penilaian
Pengetahuan
Teknik
: Tes tulis dan penugasan.
Bentuk
: Isian dan
tugas yang dikerjakan secara kelompok.
Indikator
Soal :
Disajikan
teks cerita fantasi.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.
Cerita fiksi bergenre dunia imajinatif yang diciptakan penulis
dan menceritakan hal yang tidak mungkin dijadikan biasa disebut ….
2.
Tema fantasi adalah ….
3.
Rangkaian peristiwa dalam cerita disebut ….
4.
Rangkaian peristiwa dalam cerita digerakkan dengan hukum ….
5.
Unsur cerita yang mengalami rangkaian peristiwa disebut ….
6.
Tema dapat dirumuskan dari rangkaian peristiwa pada ….
7.
Unsur cerita yang menjadi pesan pengarang melalui ceritanya
disebut ….
8.
Rangkaian peristiwa cerita fantasi menggunakan berbagai latar
yang menerobos dimensi ….
9.
Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi dibedakan menjadi tiga
kategori yaitu ….
10.
Jenis cerita fantasi berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan
nyata ada dua kategori yaitu ….
11.
Kategori cerita fantasi total berisi ….
12.
Cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih
menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata, menggunakan nama tempat yang ada
dalam dunia nyata, atau peristiwa pernah terjadi pada dunia nyata disebut ….
13.
Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi dibedakan menjadi dua
kategori yaitu ….
14.
Latar sezaman berarti latar yang digunakan ….
15.
Latar lintas waktu berarti cerita fantasi menggunakan ….
Kunci Jawaban
1.
Alur
2.
Sebab-akibat.
3.
Tokoh dan watak tokoh.
4.
Alur cerita.
5.
Amanat.
6.
Cerita fantasi.
7.
Majic, supernatural atau futuristik.
8.
Ruang dan waktu.
9.
Latar lintas waktu masa lampau, latar waktu sezaman, latar
lintas waktu futuristik (masa yang akan datang).
10.
Fantasi total dan fantasi sebagian (irisan).
11.
Fantasi pengarang terhadap objek/ tertentu.
12.
Cerita fantasi irisan.
13.
Latar lintas waktu dan latar waktu sezaman.
14.
Satu masa (fantasi masa kini, fantasi masa lampau, atau fantasi
masa yang akan datang/ futuristik).
15.
Dua latar waktu yang berbeda (misalnya, masa kini dengan zaman
prasejarah, masa kini dan 40 tahun mendatang/ futuristik) .
2. Penilaian Keterampilan
Menceritakan
Kembali secara Berantai Isi Teks!
Berkelompoklah
dan ceritakan isi cerita fantasi dengan bahasamu sendiri.
Dalam
kegiatan ini kamu akan menceritakan kembali isi cerita fantasi secara berantai.
Berdasarkan
ringkasan urutan peristiwa cerita fantasi di atas, lakukanlah hal-hal berikut!
1.
Membentuk kelompok yang terdiri atas 5 atau 6 orang satu
kelompok!
2.
Tiap kelompok diundi untuk ke depan kelas atau di luar kelas
(tiap anggota ditempel kertas bernomor 1-5).
3.
Guru memerintahkan nomor yang disebut untuk memulai menceritakan
isi cerita. Guru akan menghentikan dan berpindah pada nomor yang lain untuk
melanjutkan isi cerita. Selama satu kelompok tampil, siswa kelompok lain
menilai dengan format yang telah ditentukan.
Rubrik penilaian dan penskoran: terlampir
3. Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan
pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan
perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu,
sarana dan media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran
pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu,
sarana dan media pembelajaran.
F. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat
: Buku, infokus.
Bahan
: Cerita fantasi.
Sumber Belajar
- Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa
Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 43 s.d
60.
- Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Buku
Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016.
Halaman 47 s.d 54.
Mengetahui :
Kepala Sekolah
VERA R.
KAPARANG, S.Pd, M.M
NIP. 196402131984122003
|
Tompasobaru, ….. Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
NURMANSAH
RIVAY, S.Pd
NIP. 198506292014081001
|
Post a Comment for "RPP K13 Bahasa Indonesia Kelas VII BAB 2 Teks Cerita Fantasi"