Kembali ke Petualangan Pendidikan: Menyambut Awal Masuk Sekolah Dengan Semangat Baru

Hai Sobat! Rasanya masa libur begitu cepat berlalu, setelah meniti waktu-waktu libur yang begitu menyenangkan, kembali ke petualangan pendidikan adalah tantangan tersendiri bagi siswa begitu juga sebagai guru. 

Nah! Postingan kali ini akan membahas 7 contoh kegiatan awal sekolah setelah libur, agar kita dapat mengembalikan motivasi dan energi positif untuk kembali semangat belajar maupun mengajar setelah libur, serta dapat menimbulkan perubahan yang baik untuk menyambut awal masuk sekolah dengan semangat baru. Sebagai guru mungkin bisa menerapkan contoh kegiatan-kegiatan berikut, dan sebagai siswa tidak ada salahnya memberikan masukan kepada guru atau wali kelas untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan ini di sekolah.

Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan pada masa awal sekolah untuk mengembalikan lingkungan belajar yang menyenangkan.

Menyambut Awal Masuk Sekolah Dengan Semangat Baru

     1. Ceritaku Selama Liburan 

        Dalam kegiatan ini, guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi kisah apa saja yang mereka alami atau mereka lakukan selama libur. Kegiatan ini dapat melatih siswa untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka di depan umum. Bukankah ini juga melatih mereka berpidato? Selain itu dari kegiatan ini hubungan emosi yang sebelumnya memudar karena kurangnya intensitas komunikasi akhirnya akan terjalin kembali baik hubungan antar siswa maupun siswa dengan guru.

     2. Kegiatan Rekreasi 

        Di lingkungan sekolah biasanya terdapat tempat-tempat yang rindang, pondok literasi, halaman yang nyaman,  atau semacamnya. nah! tempat seperti ini bisa digunakan untuk kegiatan rekreasi outdor misalnya teka-teki dengan clue dan kegiatan lain yang tidak terlalu memerlukan aktivitas fisik berlebihan.

    3. Pentas Seni 

        Siswa dapat diberikan kesempatan untuk mengekspresikan dirinya dengan berbagai kegiatan seni seperti menyanyi, menari, berpuisi, berpantun, dan sebagainya. Kegiatan ini dapat mengembalikan kepercayaan diri siswa.

    4. Harapanku di Awal Tahun

        Kegiatan ini bisa diawali dengan harapan siswa di awal tahun. kemudian membahas rencana pembelajaran selama satu semester kedepan. Tujuannya adalah mengembalikan konsentrasi siswa untuk kembali ke petualangan pendidikan dan gambaran dalam pikirannya tentang harapan di akhir semester nanti.

    5. Refleksi Diri: Seperti Apa Aku Kemarin

        Guru mengarahkan siswa untuk merenung tentang terlihat seperti apa mereka pada tahun kemarin, kira-kira bagaimana penilaian teman-teman terhadap dirinya?, aku ini seperti apa di mata guruku?, Kemudian merenung kegiatan apa saja yang sudah saya lakukan selama libur yang berkaitan dengan pendidikan. Kegiatan ini bisa dikemas dengan berbagai cara, bisa dengan pertanyaan langsung atau menggunakan lembar refleksi. Tujuannya adalah hari ini lebih baik dari kemarin, dan esok lebih baik dari hari ini. mindset inilah yang akan ditanamkan dalam kegiatan ini.

    6. Sesi Curhat Pribadi

    Guru BK pasti sangat suka dengan kigatan ini pada awal tahun untuk menyambut awal masuk sekolah dengan semangat baru. Beberapa siswa mungkin mengalami masalah, merasa tidak nyaman, atau merasa cemas untuk kembali ke sekolah. Dalam kegiatan ini guru dapat memberikan dukungan secara emosional.

    7. Kontribusi Terhadap Kelasku

        Guru kelas atau wali kelas dapat memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi dalam perencanaan kelas agar siswa merasa memiliki dan mendorong mereka untuk terlibat aktif dalam kegiatan di kelas, misalnya membuat keyakinan kelas di tahun yang baru dan sebagainya.

        Kegiatan awal sekolah setelah libur merupakan momen yang penting untuk menhadirkan situasi positif yang dapat mendukung siswa maupun guru untuk kembali pada rutinitas belajar mengajar. dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan menyenangkan dapat membantu semangat belajar dan dasar yang kokoh untuk kegiatan selanjutnya.

        Demikianlah beberapa kegiatan yang dapat dijadikan referensi untuk menyambut awal masuk sekolah dengan semangat baru. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Kembali ke Petualangan Pendidikan: Menyambut Awal Masuk Sekolah Dengan Semangat Baru"