10 Langkah Agar Akun FB Aman Dari Hacker {2018}

Helo sosmed lover, tidak bisa dipungkiri facebook atau FB adalah salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Bukan cuma di Indonesia tapi di seluruh dunia. Saat ini siapa yang tidak mengenal FB, semua orang suka FB mulai dari anak-anak sampai kakek nenek suka FB. Bahkan dalam satu hari kita bisa menghabiskan lebih banyak waktu hanya untuk update status, membaca status, mencari teman, mencari informasi dan sebagainya.
Saat ini FB bukan saja digunakan untuk sekadar update status dan terhubung dengan masyarakat dunia maya tapi juga digunakan sebagai alat untuk mempromosikan barang dan jasa. dengan kata lain berjualan di FB.

Apapun yang kita lakukan di FB pasti mengundang perhatian banyak orang, puluhan, ratusan, ribuan, jutaan. Tidak menutup kemungkinan dari sekian banyak orang yang memperhatikan kita ada beberapa diantaranya yang usil. banyak sekali akun-akun FB yang diretas atau kata kekiniannya di hack. Entah apa motivasi para hacker ini tapi kita sebagai pengguna FB harus berhati-hati dengan para hacker. Jika anda memasukan kata kunci cara hack FB di pencarian Google, maka anda akan mengetahui seberapa banyak cara yang digunakan untuk meretas akun FB orang lain.

Apakah anda ingin kehilangan akun FB anda? Kehilangan akun FB berarti kehilangan daftar teman yang ada di dalamnya, kehilangan mata pencarian, dan masih banyak kehilangan. Yang lebih parah lagi jika akun FB anda digunakan orang lain untuk hal-hal yang negatif.

Nah! Kali ini saya akan membagikan cara agar akun FB anda aman dari hacker hasil penelusuran terbaru.

10 Langkah Agar Akun FB Aman Dari Hecker {2018}
https://armandrivay.blogspot.com
1. Pastikan anda membuat kata sandi yang kuat
  • Kata sandi yang kuat yaitu terdiri dari 8 digit. semakin panjang kata sandi anda maka akan semakin sulit untuk di hack.
  • Jangan gunakan kata sandi yang sama dengan akun lain. misalnya gmail, twiter, instagram dan lain-lain.
  • Jangan membuat kata sandi dari nama anda atau keluarga anda.
  • Jangan membuat kata sandi dari tanggal lahir, tanggal lahir anak, istri, suami, tanggal pernikahan dan sebagainya karena ini sangat mudah ditebak
  • Jika anda masih menggunakannya sekarang, silakan ubah. Dalam akun FB, cari pengaturan akun dan buatlah kata sandi yang kuat.
Intinya jangan membuat kata sandi akun FB berdasarkan informasi umum anda yang banyak orang mengetahuinya.
2. Pastikan anda mengkonfirmasi nomor handphone
Mengkonfirmasi nomor telepon atau hp akan membantu saat anda lupa dengan kata sandi atau ketika kata sandi telah diretas dan diganti orang lain. 
Untuk melakukan konfirmasi cari pengaturan & privasi> pengaturan> pengaturan akun> informasi pribadi> nomor telepon> tambahkan nomor telepon.
3. Menggunakan penelusuran aman
Kontrol setiap aplikasi yang terhubung dengan akun facebook anda. Saat anda melakukan penjelajahan web atau browsing perhatikan aplikasi-aplikasi yang meminta anda untuk masuk dengan akun facebook. Jika anda menemukan hal seperti ini sebaiknya buatlah akun baru untuk aplikasi tersebut. Jika anda sudah terlanjur masuk ke beberapa aplikasi atau web dengan menggunakan akun FB, anda bisa menghapusnya. Caranya:
cari pengaturan & privasi>pengaturan>Diakses menggunakan facebook> edit> dan anda bisa menghapus aplikasi dan web yang terhubung dengan akun FB anda. (tidak perlu dihapus jika anda mempercayai aplikasi tersebut).
Anda juga bisa menonaktifkan fitur ini di akun FB anda. Caranya:
cari pengaturan & privasi>pengaturan>aplikasi dan situs web>edit>tap nonaktifkan. Maka anda tidak akan diminta login dengan akun facebook anda di aplikasi atau web eksternal di luar tanggung jawab facebook.
4. Pastikan anda mengaktifkan generator kode dan autentikasi dua faktor
Fitur ini adalah fitur terbaru dari facebook untuk mencegah maraknya hacker akun facebook. Cara kerja fitur ini sama dengan keamanan 2 langkah pada akun gmail. Anda akan dimintai kode tertentu setiap kali anda login dari perangkat yang tidak dikenali. Anda tinggal memilih menggunakan SMS atau metode autentikasi lain. Caranya:
cari pengaturan & privasi>pengaturan>Keamanan dan login>Gunakan autentikasi 2 faktor>mulai>pilih metode yang akan digunakan. (SMS atau metode lain)
5. Pastikan anda sudah menghapus aktivitas login dari perangkat lain
Jika anda sering menggunakan perangkat lain untuk login baik di kantor, tempat kerja, handpone teman dan sebagainya, maka akun anda akan tersimpan di perangkat tersebut. Sebaiknya anda segera mengahapus semua aktivitas login anda. Caranya:
pengaturan & privasi>pengaturan>>Keamanan dan login>tempat anda login>lihat semua perangkat yang tidak dikenal>tap tanda titik 3 di samping>kemudian keluar. 
6. Selalu melakukan pemeriksaan keamanan
Sebaiknya anda selalu melakukan pemeriksaan keamanan yang telah di sediakan oleh fecebook.
Caranya: cari pintasan privasi. di situ anda akan menjumpai fitur-fitur keamanan yang sudah disediakan facebook. Ada beberapa pilihan yang perlu anda cek.

  • Privasi
Kendalikan siapa yang melihat apa yang anda bagikan di facebook, dan kelola data yang membantu facebook mempersonalisasi keamanan.


  • Keamanan akun
Ambil tindakan untuk membuat akun anda lebih aman


  • Informasi anda
Lihat atau unduh informasi informasi facebook anda kapan saja


  • Keamanan
Pelajari tentang bagaimana facebook membantu anda dan keluarga tetap aman saat menggunakan facebook.

 7. Berhati-hati dengan situs pishing
Banyak sekali tautan-tautan yang dibagikan di FB. Barhati-hatilah saat mengklik tautan-tautan tersebut, tautan tersebut akan mengarahkan anda ke website yang bebahaya. bisa saja website yang sudah diprogram untuk mencuri identitas anda. 

Intinya jangan pernah memasukan identitas berupa username dan kata sandi FB anda pada tauatan-tautan eksternal yang membawa anda keluar FB, Walaupun itu kelihatannya seperti FB. Sudah banyak aplikasi-aplikasi yang meyerupai facebook tapi sebenarnya bukan.
8. Selalu perbarui pengaturan privasi
FB sudah menyediakan fitur-fitur untuk mengatur privasi dan keamanan anda. anda dapat mengatur akun FB anda untuk mendapatkan pemberitahuan masuk melalui pemberitahuan melalui sms, email. Dapatkan peringatan ketika seseorang masuk ke akun Anda dari perangkat atau browser yang tidak dikenal. Caranya:
pengaturan & privasi>pengaturan>>Keamanan dan login>Penyiapan keamanan ekstra>aktifkan fitur dapatkan peringatan tentang login tidak dikenal.

Pilihan yang tidak kalah pentingnya adalah memilih kontak tepercaya yang pasti dapat membantu anda jika mengalami kesulitan mengakses akun FB anda dan tidak pernah menrima permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal.
9. Selalu ikuti praktik terbaik dan aman untuk menggunkan FB.

  • Jangan pernah memberikan kata sandi kepada siapapun. Hapus semua riwayat dari perangkat yang pernah anda gunakan, Bahkan perangkat atau ponsel anda sendiri sebagai langkah untuk berjaga-jaga jika ponsel anda dipegang oleh orang yang iseng. Atau handphone anda hilang.
  • Selalu nonaktifkan fitur ingat kata sandi jika anda sering menggunakan komputer atau laptop untuk masuk ke akun FB anda. Ada beberapa aplikasi yang digunakan untuk merekam angka atau huruf yang anda ketik di keyboard.
10. Selalu update aplikasi dan keamanan
Setiap update yang dilakukan FB di dalamnya juga terdapat fitur-fitur baru untuk meningkatkan keamanan. Jadi jangan malas update aplikasi FB anda. Jika anda sering menggunakan komputer atau laptop sebaiknya update antivirus yang anda gunakan. Sudah banyak juga antivirus untuk handpone. di google playstore.

Demikianlah artikel tetang 10 Langkah Agar Akun FB Aman Dari Hacker {2018}. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "10 Langkah Agar Akun FB Aman Dari Hacker {2018}"