Revolusi Industri 4.0 dan Pendidikan

Hai sobat bahasa, sudah tahukah sobat tentang Revolusi Industri 4.0? Apa dan bagaimana dampaknya terhadap pendidikan? 

Apa itu Revolusi Industri 4.0?
https://armandrivay.blogspot.com
Dari namanya sobat pasti sedang membayangkan teknologi robot seperti yang sering kita tonton di film-film hollywood, di mana tenaga manusia akan digantikan oleh robot, dan akhirnya terjadilah perang antara manusia dan robot. Dalam peperangan tersebut ada robot yang berpihak pada kelompok manusia dan ada juga manusia yang berpihak pada kelompok robot hehehe...!!!

Revolusi industri 4.0 sebenarnya hanyalah nama tren perubahan otomasi dan komputerisasi di segala bidang. Istilah industri 4.0 sebenarnya berasal dari sebuah proyek dalam strategi teknologi canggih di Jerman yang mengutamakan komputerisasi dalam pengerjaan pabriknya, kemudian diangkat kembali di Hanover Fair atau sebuah pameran dagang di Jerman pada tahun 2011.

Kemudian pada Bulan Oktober 2012, Working Group on Industry 4.0 memaparkan rekomendasi pelaksanaan Industri 4.0 kepada pemerintah Jerman. Nah, anggota dari kelompok ini kemudian diakui sebagai bapak pendiri dan perintis industri 4.0. Revolusi industri 4.0 atau disebut juga revolusi industri keempat sebenarnya adalah pembaharuan atau yang sering sobat dengar dengan kata update dari revolusi-revolusi industri sebelumnya.

Belakangan ini kita sering mendengar atau sering di gembar-gemborkan bahwa saat ini kita sedang memasuki era revolusi industri 4.0 secara global. Percaya atau tidak, kenyataannya sudah sering kita lihat dan rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan-perubahan yang sangat cepat khususnya dalam bidang teknologi dan otomasi.

Bagaimana langkah pemerintah untuk menjawab tantangan ini? Bagaimana kaitannya dengan pendidikan?

Baru-baru ini telah di laksanakan seminar yang bertema "The Future Of Global Higher Education". Yang dilaksanakan di Jakarta. Seminar ini dilaksanakan untuk menjawab tantangan era revolusi industri di Indonesia sekaligus untuk menyukseskan misi dari pemerintah "MAKING INDONESIA 4.0" yang dicanangkan oleh Bapak Joko Widodo.

Sudah siapkah kita?

Sudah selayaknya sebagai pelaku pendidkan harus siap dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Intinya kita tidak boleh menutup diri dengan teknologi saat ini.

Bersambung...

Demikianlah penjelasan singkat tentang Revolusi Industri 4.0 dan Pendidikan. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Revolusi Industri 4.0 dan Pendidikan"