MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS TANGGAPAN (Lukisan Kebun Cengkeh Affandi)

Halo sobat bahasa, Artikel kali ini adalah kelanjutan dari pembahasan pada artikel sebelumnya yaitu tentang bagaimana cara memuji yang santun, bagaimana memuji yang tepat, bagaimana sikap kita saat menerima pujian, bagaimana mengkritik yang santun, dan sebagainya. Hal ini adalah bagian dari teks tangggapan yang akan dibahas kali ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mengkritik dan memuji adalah kegiatan memberikan pendapat. Kegiatan berpendapat ini merupakan bentuk tanggapan terhadap sesuatu baik itu karya seni, karya sastra, maupun pendapat seseorang.
https://armandrivay.blogspot.com
Nah! Pembahasan kali ini dikhususkan untuk mengidentifikasi informasi dalam Teks Tanggapan Tentang Karya Seni Lukis Oleh Affandi Yang Berjudul "Kebun Cengkeh", dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018.
Tujuan pertanyaan ini sebenarnya untuk membangun pemahaman kita tentang teks tanggapan sekaligus untuk menggali informasi dalam teks tersebut. Berikut teks dan pertanyaannya.

Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih alami tampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkannya figur manusia sebagai objek pendukung, tetapi inti dari lukisan, yang menunjukkan adanya aktivitas kehidupan yang menyatu degan alam. Ekspresi goresan khas affandi terlihat unik, yang menjadikan lukisan ini istimewa.

Seperti pada kebanyakan lukisan Affandi yang selalu menempatkan matahari sebagai bagian dari objek utama, tetapi dalam lukisan ini, penempatan matahari tampak unik, seolah sang pelukis mengambil perspektif posisi dibalik matahari. Tampak dalam lukisan matahri tidak di balik bukit, tetapi di atas bukit dan menutupi bukit. Keunikan ini mungkin hanya dimiliki oleh Affandi, sebagai cara sudut pandang dia dalam berekspresi, di mana kualitas imajinasinya sebagai seorang pelukis maestro ternama.

Yuk, kita bahas agar lebih paham tentang teks tanggapan!

Karya apakah yang ditanggapi?

Dalam teks di atas sudah jelas bahwa yang ditanggapi adalah sebuah karya seni berupa lukisan.

Siapa yang menghasilkan karya tersebut?

Yang menghasilkan karya tersebut sudah jelas seorang pelukis maestro Affandi
Siapa yang menanggapi?

Orang yang bisa menanggapi lukisan tentu saja adalah seorang penikmat atau pengagum karya seni lukis dan paham tentang bagaimana memberikan tanggapan yang baik. Kamu pun bisa menanggapi sebuah karya seni.

Bagaimana bentuk tanggapannya?
Bagaimana cara menanggapinya?

Kata kunci untuk menjawab kedua pertanyaan di atas adalah kata bentuk dan cara.

Penjelasan kata kunci

Bentuk tanggapan berkaitan dengan pujian atau kritikan. Apakah teks di atas berbentuk pujian atau berbentuk kritikan. Ada baiknya dijelaskan lagi tentang pujian dan kritikan.

Kritikan adalah tanggapan atau pertimbangan baik atau buruk terhadap sesuatu yang dikritik. Dalam hal ini karya seni.
Pujian adalah bentuk kekaguman atau penghargaan terhadap sesuatu yang di anggap baik, indah, bagus dan sebagainya.

Setelah memahami pengertian di atas tentunya kamu sudah bisa menyimpulkan bentuk tanggapannya yaitu berupa pujian karya seni.

Cara menanggapi berkaitan dengan urutan penyajian tanggapan. Tanggapan tersebut dimulai dengan apa ... dilanjutkan dengan apa ..... dan diakhiri dengan apa .....

Nah! berdasarkan penjelasan di atas tentunya kamu sudah bisa menjelaskan bagaimana cara menanggapinya.
Kalimat pertama dalam tanggapan di atas berbentuk teks deskripsi atau penggambaran tentang objek.
Silakan dilanjutkan berdasarkan pemahaman masing-masing!

Ingat!!! Lubangnya tidak terlalu dalam. Tangan kitalah yang terlalu pendek!
Demikianlah pembahasan tentang MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS TANGGAPAN (Lukisan Kebun Cengkeh Affandi). Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS TANGGAPAN (Lukisan Kebun Cengkeh Affandi) "