Contoh Soal Teks Tanggapan dan Kunci Jawaban Terbaru Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Teks tanggapan merupakan bagian dari genre teks eksposisi. Didalamnya terdapat argumen-argumen, ulasan-ulasan tentang sesuatu hal contohnya tanggapan terhadap karya tulis dan karya seni. Saat berargumen sebenarnya kita sedang berpendapat yang bertujuan meyakinkan oranglain. Fungsi pendapat ini berlaku juga saat kita menanggapi sesuatu. Tanggapan menghasilkan penilaian baik pujian maupun kritikan.
Hal yang harus diperhatikan saat memberi tanggapan adalah keobjektifan dan kesantunan. Kedua hal tersebut harus berjalan bersama dalam setiap tanggapan yang kita buat agar dapat menghasilkan sebuah tanggapan yang bukan saja sesuai dengan fakta tapi juga dapat membawa dampak positif.
Pada kesempatan ini saya akan membagikan contoh soal tentang teks tanggapan materi Bahasa Indoensia kelas 9 SMP/MTs BAB IV semester ganjil kurikulum 2013 revisi 2018.
Penulis : Marco Kartodikmoro
Penerbit : NV Boel handel en Drukkerij Masman & Stroink, Semarang (1919), Yayasan Aksara
Indonesia (2000), Yayasan Bentang Budaya(2000)
Tebal : 133 halaman (versi Masman&Stroink)
Hal yang harus diperhatikan saat memberi tanggapan adalah keobjektifan dan kesantunan. Kedua hal tersebut harus berjalan bersama dalam setiap tanggapan yang kita buat agar dapat menghasilkan sebuah tanggapan yang bukan saja sesuai dengan fakta tapi juga dapat membawa dampak positif.
Pada kesempatan ini saya akan membagikan contoh soal tentang teks tanggapan materi Bahasa Indoensia kelas 9 SMP/MTs BAB IV semester ganjil kurikulum 2013 revisi 2018.
Contoh Soal Teks Tanggapan dan Kunci Jawaban Terbaru
Teks 1
Buku pengkajian Puisi karya Rahmad Joko Pradopo ini
pembahasannya sangat bagus karena dilengkapi dengan contoh-contoh analisis semiotik maupun hubungan intertekstualnya. Analisis yang cukup rinci akan menambah
pengetahuan pembaca untuk memahami puisi. Buku ini pantas dimiliki pembaca yang ingin belajar memahami
puisi.
Teks 2
Buku Kesenian Indonesia pada Era Global mengupas konsep
budaya dan bagian-bagiannya serta jenis dan bentuk budaya Indonesia. Buku
Kesenian Indonesia pada Era Global juga menjelaskan keunikan dan potensi budaya
Indonesia di dunia internasional hingga realisasi diplomasi budaya Indonesia di
dunia internasional. Namun, bentuk budaya Indonesia yang ditampilkan pada buku
Kesenian Indonesia pada Era Global kurang mewakili budaya daerah setiap wilayah
di Indonesia.
1. Pernyataan yang benar tentang bentuk teks tanggapan di atas adalah ...
a. Teks 1 berbentuk kritikan dan teks 2 berbentuk pujian
b. Teks 1 berbentuk pujian dan teks 2 berbentuk kritikan
c. Teks 1 dan teks 2 berbentuk pujian
d. Teks 1 dan teks 2 berbentuk kritikian
2. Kalimat pujian yang baik terhadap sebuah patung adalah ...Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih alami tampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkannya figur manusia sebagai objek pendukung, tetapi inti dari lukisan, yang menunjukkan adanya aktivitas kehidupan yang menyatu dengan alam.
a. Patung tersebut memiliki detail yang menarik, sayang ukiran patung tersebut tidak rata
b. Patung tersebut memiliki bentuk yang unik, tetapi bentuk tangan patung tidak proporsional
c. Patung yang sangat indah akan menarik untuk dinikmati oleh masyarakat.
d. Perpaduan unsur modern dan tradisional membuat patung ini begitu istimewa
3. Kalimat di atas bertujuan untuk ...Dalam rangka memperingati ulang tahun SMP Negeri 1 Tompasobaru, OSIS SMP Negeri 1 Tompasobaru mengadakan pementasan teater. Pementasan tersebut dihadiri beberapa tamu undangan, guru, pegawai dan siswa siswi SMP Negeri 1 Tompasobaru. Beberapa tamu undangan mengatakan bahwa pementasan tersebut sangat bagus. sementara itu beberapa siswa mengatakan bahwa pementasan tersebut sangat jelek dan tidak pantas untuk dipertunjukkan di depan tamu undangan.
a. Menunjukkan kelebihan karya
b. Menunjukkan kekurangan karya
c. Memuji karya seni lukisan Affandi
d. Mendeskripsikan karya
4. Kalimat kritikan santun yang dapat digunakan untuk mengkritik pementasan teater tersebut adalah...Judul : Student Hidjo
a. Pementasan teater tadi hanya seperti orang ribut saja. Cerita dalam pertunjukan tadi sulit untuk dipahami. Murid SD pun saya kira dapat melakukannya.
b. Tidak sepantasnya pementasan seperti itu dipertontonkan di hadapan banyak tamu undangan. Apakah panitia tidak merasa malu menampilkan pementasan seperti itu.
c. Tetater dari SMP Negeri 1 Tompasobaru masih perlu berlatih secara intensif lagi agar penampilannya lebih meyakinkan. Jika pembenahan terhadap latihan dilakukan, saya ayakin penampilan selanjutnya akan lebih baik.
d. Kelompok teater SMP Negeri 1 Tompasobaru sesungguhnya memiliki bakat dalam seni pementasan. akan tetapi, kelompok teater tersebut kurang diperhatikan dan dibiarkan terbengkalai.
Penulis : Marco Kartodikmoro
Penerbit : NV Boel handel en Drukkerij Masman & Stroink, Semarang (1919), Yayasan Aksara
Indonesia (2000), Yayasan Bentang Budaya(2000)
Tebal : 133 halaman (versi Masman&Stroink)
5. Kutipan di atas merupakan bagian struktur teks tanggapan yaitu konteks karena berisi tentang ...
a. Apa yang ditanggapi, di mana, kapan peristiwa terjadi, peristiwa apa, politik, sosial, budaya.
b. Bagaimana sesuatu terealisasi/diciptakan atau dihasilkan.
c. Apa yang kita pikirkan tentang sesuatu itu.
d. Identitas buku dan pengarang
Setelah sukses membesut Rindu (terbitan republika, 2014) yang mencetak best seller, Tere Liye hadir kembali dengan novel barunya, Pulang. Penulis yang telah menghasilkan lebih dari 20 buku ini menghadirkan novel dengan tema dan genre yang berbeda dibanding novel-novel sebelumnya. Tema yang dihadirkan adalah prihal perjalanan sang tokoh utama mengarungi kehidupan melewati satu pertarungan ke pertarungan berikutnya demi memeluk erat kesedihan dan kebencian lantas menuju ujung yakni pulang ke hakikat kehikdupan.
6. Kutipan teks di atas merupakan bagian struktur teks tanggapan berupa...
a. Penilaian terhadap karya
b. Konteks pengarang dan karyanya
c. Deskripsi pengarang dan karyanya
d. Penilaian terhadap penerbit
Lukisan Ary Prins Karya Raden Saleh (wikipedia) |
7. Kalimat pujian yang santun terhadap lukisan di atas adalah ...
a. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup seperti dalam foto. Tidak seperti lukisan-lukisan yang lain.
b. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup seperti dalam foto. Sayang lukisannya tidak jelas.
c. Lukisan itu terkesan gelap. Sebaiknya latar belakang lukisan agak terang agar lukisan tersebut terang
d. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup seperti dalam foto. Orang yang melihat akan terkecoh melihat foto asli. Padahal gambar tersebut merupakan lukisan.
8. Kalimat kritikan yang santun terhadap lukisan tersebut adalah ...Demikianlah tentang Contoh Soal Teks Tanggapan dan Kunci Jawaban Terbaru Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018.
a. a. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup seperti dalam foto. Namun, latar belakang gelap membuat lukisan tidak jelas karena baju yang dipakai model juga berwarna gelap
b. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup seperti dalam foto. Sayang lukisannya tidak jelas.
c. Lukisan itu terkesan gelap. Sebaiknya latar belakang lukisan agak terang agar lukisan tersebut terang
d. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup seperti dalam foto. Orang yang melihat akan terkecoh melihat foto asli. Padahal gambar tersebut merupakan lukisan.
Post a Comment for "Contoh Soal Teks Tanggapan dan Kunci Jawaban Terbaru Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018"