CONTOH SOAL DAN JAWABAN "TEKS PIDATO PERSUASIF" TERBARU


Pidato persuasif merupakan seni mengungkapkan pikiran secara jelas dan logis. Pidato persuasif tergolong dalam genre teks eksposisi karena digunakan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar dengan menyajikan argumen dari satu sudut pandang. 

Tujuan pidato persuasif adalah untuk meyakinkan audiens untuk melakukan sesuatu. berikut adalah contoh soal tentang pidato persuasif.


CONTOH SOAL DAN JAWABAN "TEKS PIDATO PERSUASIF" TERBARU

https://armandrivay.blogspot.com

1. Cara memersuasi di bawah ini yang menggunakan pendekatan etika adalah…
a.“Daur ulang adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Dengan membuang-buang sumber daya yang terbatas, kita sama saja sedang melakukan tindakan amoral yaitu merampok masa depan para generasi penerus”.
b. “Coba pikirkan berapa banyak hewan-hewan di luar sana yang kehilangan rumahnya setiap hari karena pohon-pohon selalu ditebang. Dengan menerapkan program daur ulang, kita bisa menyelamatkan hutan indah yang menjadi rumah mereka”
c. “Anda tentu tahu bahwa sumber daya alam yang tersedia sangatlah terbatas. Anda dan saya, kita, bisa membuatnya bertahan lebih lama dengan menerapkan program daur ulang".
d.“Jika anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya, tolong berhenti merusaknya!”.

“Di sini anda adalah delegasi Negara-negara anda. Pengusaha, anggota perhimpunan, wartawan, atau politisi. Akan tetapi, sebenarnya anda adalah ayah, ibu, saudara laki-laki, saudara perempuan, paman, bibi, dan anda semua adalah anak dari seseorang”.
2. Kalimat di atas merupakan cara memersuasi dengan menggunakan pendekatan …
a.    Etika
b.    Logika
c.    Emosi
d.    Persuasi

“Saat ini Bangsa kita tengah menghadapi persoalan yang sangat serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di negara yang kita cintai ini.”
3. Kalimat di atas adalah bagian pembukaan pidato yang bertujuan untuk…
a.    Merebut perhatian audiens
b.    Menunjukan kelayakan berbicara
c.    Menyampaikan tujuan
d.    Menunjukkan hubungan dengan audiens

Mari kita lanjutkan perjuangan, beri dukungan pada komitmen pemerintah dalam membangun sekolah menyenangkan, serta jaga stamina raga, rasa, dan cipta Ibu dan Bapak semua. Izinkan saya pamit sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, teriring rasa terima kasih, juga permohonan maaf tak terhingga atas segala khilaf yang ada. Salam hormat saya untuk Ibu dan Bapak semua. Mari kita teruskan ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa ini.
4. Penggalan pidato di atas merupakan bagian …
a.    Pembuka
b.    Penutup
c.    Isi
d.    Tujuan

… perlombaan yang dimaksud yaitu baca puisi pada tanggal 13 Mei 2018, menulis cerpen pada tanggal 14 Mei 2018, dan pementasan drama pada tanggal 16 Mei 2018.
5. Kalimat yang tepat untuk melengkapi penggalan pidato dengan tema kegiatan              sekolah tersebut …
a.  Kegiatan menyambut hari ulang tahun sekolah kita meriahkan dengan perlombaan seni.
b.    Perlombaan menyambut hari ulang tahun sekolah kita laksanakan sangat sederhana dengan berbagai perlombaan seni.
c.    Festival menyambut perayaan hari ulang tahun sekolah kita berjalan lebih cepat dan sangat sederhana
d.  Perlombaan menyambut hari ualang tahun sekolah kita berlangsung lancer tanpa gangguan apapun.

(1)Saya merasa takut berada di bawah sinar matahari karena berlubangnya lapisan ozon. (2)Saya merasa takut untuk bernapas karena saya tidak tahu ada bahan kimia apa yang dibawa oleh udara. (3) Saya sering memancing di Vancouver bersama ayah saya, hingga Beberapa tahun yang lalu kami menemukan bahwa ikan-ikannya penuh dengan kanker. (4) Sekarang kami mendengar bahwa binatang-binatang dan tumbuhan satu persatu mengalami kepunahan tiap harinya hilang selamanya.
6. Kalimat yang menggunakan model repetisi pada kutipan pidato persuasif di atas adalah …
a.    1 dan 2
b.    2 dan 3
c.    3 dan 4
d.    2 dan 4

Dengan pendidikan kalian akan mendapatkan ilmu. Ilmu tersebut dapat kalian jadikan bekal untuk masa depan. Ilmu merupakan harta yang takkan pernah habis. Uang dan harta yang kamu miliki sewaktu-waktu dapat habis. Namun, ilmu dapat kalian bawa sampai mati.
7.      Paragraf di atas merupakan ciri struktur pidato persuasif yaitu …
a.    Pendapat atau pendirian
b.    Pernyataan posisi
c.    Tahap argumen
d.    Penguatan pernyataan posisi

Akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah bagian dari Iman, meski konteks ajaran tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.
8.      Kutipan teks pidato di atas menggambarkan ciri struktur …
a.    Pendapat atau pendirian
b.    Pernyataan posisi
c.    Tahap argumen
d.    Penguatan pernyataan posisi

Lingkungan sekolah seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Pencerminan budaya di lingkungan sekolah akan berdampak positif bagi masyarakat sekolah. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan sekolah kita terlihat kotor dan terasa tidak nyaman lagi.
Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.
9.  Bagian struktur pidato persuasif yang ditonjolkan pada kutipan di atas adalah …
a.    Pendapat atau pendirian
b.    Pernyataan posisi
c.    Tahap argumen
d.    Penguatan pernyataan posisi
10. Kata mencerminkan, pencerminan, kenyamanan dan ketidaknyamanan merupakan ciri kebahasaan teks pidato persuasif yaitu…
a.    Bentuk pasif
b.    Nominalisasi (pembendaan)
c.    Kosa kata teknis
d.    Kata tugas (konjungsi)
11. Kalimat yang menggunakan bentuk pasif  pada kutipan teks pidato di atas adalah…
a. Lingkungan sekolah seharusnnya mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan.
b.    Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan sekolah kita terlihat kotor dan terasa tidak nyaman lagi.
c.   Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah.
d.   Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.

Pada hari ini kita memperingati Hari Pendidikan Nasional. Pada kesempatan ini saya ingin mengemukakan Beberapa hal yang menurut saya penting untuk kalian. Pendidikan sangat penting dalam hidup ini.
Dengan pendidikan kalian akan mendapatkan ilmu. Ilmu tersebut dapat kalian jadikan bekal untuk masa depan. Ilmu merupakan harta yang takkan pernah habis. Uang dan harta yang kamu miliki sewaktu-waktu dapat habis. Namun, ilmu dapat kalian bawa sampai mati.
Perlu kalian ketahui bahwa di luar sana masih banyak anak lain yang sangat merindukan pendidikan. Namun mereka tidak memiliki biaya untuk meraih pendidikan.
Oleh karena itu, kalian harus belajar dengan giat dan jangan sia-siakan kesempatan yang kalian peroleh.
12Tema pidato di atas yang tepat adalah …
a.    Pentingnya pendidikan bagi manusia dalam hidup.
b.    Pentingnya hari pendidikan bagi seluruh siswa sekolah.
c.    Cara memanfaatkan kesempatan untuk belajar.
d.    Pentingnya menuntut ilmu sampai ke jenjang yang lebih tinggi.


DOWNLOAD


Silakan klik tombol di atas untuk download soal dan kunci jawaban. Demikian tentang CONTOH SOAL DAN JAWABAN "TEKS PIDATO PERSUASIF" TERBARU. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "CONTOH SOAL DAN JAWABAN "TEKS PIDATO PERSUASIF" TERBARU"