Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen.

Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen. tergolong dalam jenis teks fiksi. Ketiga teks tersebut juga merupakan bagian dari genre narasi atau sama-sama berisi cerita tentang suatu kejadian yang sifatnya khayalan atau imajinasi penulisnya. Struktur ketiga teks ini juga tidak jauh berbeda yaitu secara umum terdiri dari orientasi atau tahap perkenalan baik tokoh, peristiwa, maupun latar. Komplikasi atau masalah, dan resolusi atau penyelesaian dari masalah dalam cerita. Di dalamnya juga terdapat peristiwa-peristiwa yang terjalin membentuk alur. Bahkan ciri kebahasaan dari ketiga teks juga hampir sama menggunakan majas, kata/kalimat emotif dan di dalamnya terdapat dialog antar tokoh. Ketiga teks ini juga mengandung pesan moral untuk pembaca atau amanat. Tujuan komunikasi ketiganya yaitu untuk menghibur dan mendidik. Nah, di mana letak perbedaannya?

Masih sering dijumpai kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat menulis ketiga teks tersebut. Saat ditugasakan menulis cerpen, masih banyak yang menulis teks cerita fantasi ataupun teks fabel, dan sebaliknya. Agar kamu tidak salah dalam membedakan ketiga teks tersebut, berikut penjelasan tentang perbedaan dari ketiga teks tersebut.

Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen.
Ilustrasi Judul Postingan
Pembahasan Singkat Tentang Teks Cerita Fantasi
Teks Cerita Fantasi merupakan cerita yang mengungkapkan hal-hal supranatural/kemisteriusan atau keghaiban yang tidak ditemui dalam dunia nyata. Pada cerita fantasi hal yang tidak mungkin dijadikan biasa. Tokoh dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dunia nyata. 
Ilustrasi Cerita Fantasi
Ide cerita dalam teks cerita fantasi tidak dibatasi oleh realitas atau kehidupan nyata. Tema yang ditonjolkan dalam cerita fantasi adalah magic, supranatural atau futuristik

Tokoh utama dalam teks cerita fantasi memiliki watak yang unik dan tidak ada dalam kehidupan sehari-hari, dan selalu memiliki kekuatan supranatural.

Latar dalam teks cerita fantasi terjadi dalam dua latar yaitu latar yang masih ada dalam kehidupan nyata dan latar yang tidak ada dalam kehidupan nyata.

Contoh judul teks cerita fantasi: Kekuatan Ekor Biru Nataga, Berlian Tiga Warna, Belajar Dengan Gajah Mada, dan sebagainya.

Pembahasan Singkat Tentang Teks Cerita Fabel
Teks cerita fabel merupakan teks yang berisi cerita tentang kehidupan binatang yang berprilaku menyerupai manusia. cerita dalam fabel bukan kisah tentang kehidupan nyata.
Ilustrasi Teks Fabel
Tokoh-tokoh dalam teks cerita fabel adalah hewan yang memiliki sifat dan karakter manusia ada yang baik dan ada juga yang buruk. Karena fabel merupakan cerita hewan maka latar yang digunakan berupa hutan, kolam, sungai, alam bebas dan sebagainya.

Contoh judul teks cerita fabel: Kancil dan Buaya, Rusa Yang Sombong, Gajah dan Kura-Kura Pembohong, Sahabat Pak Rusa, dan sebagainya.

Pembahasan Singkat Tentang Teks Cerita Pendek (Cerpen)
Teks Cerpen merupakan teks yang berisi cerita tentang kehidupan manusia secara khusus. Atau cerita tentang masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam cerpen diceritakan satu babak dalam kehidupan seseorang dan biasanya tidak menyebabkan perubahan nasib tokoh. 
Iustrasi Teks Cerpen
Dalam teks cerpen tema yang diangkat adalah masalah dalam kehidupan manusia misalnya percintaan, keluarga, persahabatan, pendidikan, dan sebagainya.

Contoh judul teks cerpen: Rahasia Rindu, Dilarang Mencintai, Jalan Lain Ke Roma, Panen Terakhir, dan sebagainya.

Meskipun secara umum Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen memiliki banyak kesamaan karena merupakan jenis narasi, ketiga teks tersebut memiliki ciri khas yang berbeda-beda jika ditelaah dari segi unsur pembangunnya.

Sekarang kamu sudah bisa membedakan mana teks yang termasuk fantasi, fabel dan cerpen. Jangan salah menulis ya!!!

Demikianlah pembahasan singkat tentang Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen."